Ikatan Pencat Silat Taeng Ukir Prestasi Diseleksi O2SN

IkatanPencatSilataTaengUkirPrestasiDiseleksiO2SN

Gowa | CNN Celebes - Ikatan Pencak Silat (IPS) Taeng kembali mengukir prestasi  bergengsi di Kabupaten Gowa, dalam ajang perhelatan Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2022 di Lapangan Madrasah Arifah Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Minggu (26/06/2022).


Muhammad Rifqi Amru Nasir, salah satu murid Padepokan IPS Taeng yang mewakili SMP Negeri 1 Sungguminasa berhasil meraih juara pertama di kategori Pencak Silat Putra. Muhammad Rifqi Amru Nasir yang akrab dipanggil Ajeng berhasil mengungguli peserta lainnya hingga meraih nilai tertinggi. 


Muhammad Rifqi Amru Nasir atau Aceng yang mewakili SMP Negeri 1 Sungguminasa berhasil mengungguli rivalnya dan keluar sebagai juara 1 disusul Rahmat Hidayat SMP 2 Barombong sebagai juara 2 dan Putra Ramadhan MTS Aisyah Sungguminasa dalam ajang seleksi O2SN.

Baca Juga : Demi Anak, Seorang Ibu Nekat Lakukan Aksi Damai Legalkan Ganja Untuk Medis

Muhammad Rifqi Amru Nasir atau Aceng sapaan akrabnya merupakan anak yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler utamanya olahraga beladiri. Aceng mengasah kemampuan pencak silatnya di Padepokan Ikatan Pencak Silat Taeng.


Pesilat cilik dengan segudang prestasi dalam ajang-ajang bergengsi. Beberapa raihan prestasinya, salah satunya baru-baru ini keluar sebagai juara 2 di Pekan Olahraga Pelajaran Daerah (POPDA SULSEL) yang mewakili Kabupaten Gowa di Gedung Olahraga Sudiang 21-23 Juni 2022 beberapa hari yang lalu.


Dalam wawancara singkat, untuk meraih sukses seperti yang telah diraihnya sekarang tidaklah mudah dan instan. Aceng telah aktif berlatih pencak silat sejak masih kecil yang yang dilatih langsung oleh orang tuanya selaku guru di Padepokan IPS Taeng. Selain aktif dan rajin berlatih, anak dari pasangan Nasir Daeng Nyonri dan Daeng Sangging ini juga punya motto yang menjadi penyemangat dan memotivasinya. “Semangat, pantang menyerah, dan ingin membanggakan orang tua dan sekolah,” ujarnya saat di temui di tempat latihannya.

Baca Juga : Polisi Ungkap Kasus Kematian Korban Laka Lantas Didepan Trans Studio Mall Makassar

“Saya juga mohon doa dan dukungan dari semuanya, Selasa 28 Juni 2022 mendatang akan mengikuti lomba pencak Silat Budaya di Palembang bersama 2 rekan lainnya yakni Syahrul H dan Fery Chandra Efendi, dari IPS Taeng yang akan mewakili Sulawesi Selatan di ajang Nasional. Semoga membuahkan hasil terbaik,” ucap Aceng sebelum menutup wawancara singkatnya.


Sementara itu, Ermawati Nasir selaku guru pendamping dari IPS Taeng mengatakan bahwa pandemi bukan penghalang untuk berkarya dan berprestasi. Siswa tetap harus terus belajar dan berlatih. Ikut lomba merupakan bentuk nyata bagian sebuah proses agar keterampilan semakin terasah dan teruji,” papar Ermawati selalu guru pendamping.


Ditempat yang sama, guru dari Padepokan IPS Taeng Nasir Daeng Nyonri yang juga orang tua dari Aceng mengatakan bahwa Aceng merupakan salah satu atlet muda dari total 20 altet binaan IPS Taeng dengan prestasi menonjol. Ia pun menjadi harapan tim pencak silat Gowa untuk menyumbang emas pada ajang Porprov Oktober 2022 mendatang di Bulukumba," ungkapnya dengan singkat.