Kapolres Sinjai Hadiri Apel Siaga Kebangsaan dan Karnaval Merdeka Toleransi Kementrian Agama

Kapolres Sinjai Hadiri Apel Siaga Kebangsaan dan Karnaval Merdeka Toleransi Kementrian Agama

Sinjai | CNN Celebes - Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Rachmat Sumekar, S.Ik., M.Si menghadiri Apel Siaga Kebangsaan dan Karnaval Merdeka Toleransi yang digelar Kementrian Agama Kabupaten Sinjai yang bertempat dilapangan Sinjai bersatu Jalan Tondong, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara,  Sabtu pagi (20/8/2022).


Kegiatan dengan mengusung tema "Merdeka Dalam Keberagamaan, Toleran Dalam Perbedaan" yang dilaksanakan secara serentak se-Provinsi Sulawesi Selatan.


Hadir pula dalam kegiatan tersebut Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, SP.,M.SP Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi, S.E, M.Si yang mewakili Kajari Sinjai Kasi Intel Sulkifli, SH Sekretaris PN Agama Sinjai Nasrun, S.Ag, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, SH Kepala Kantor Kementrian Agama Sinjai, Ketua MUI Kab. Sinjai Drs. H. Abdul Hamid, DM Ketua Majelis Agama Protestan Elsi Saltikah, S.Th, M.Th Ketua Majelis Agama Kristen Alexander Resu, S.ST Ketua NU Sinjai DR. Drs. KH. Musram Mustafa ,M.Pd Para anggota Majelis taklim, Para peserta apel siaga kebangsaan dan karnaval toleransi.


Pada kegiatan tersebut dilakukan pembacaan deklarasi Sinjai bersatu oleh Ketua FKUB Sinjai didampingi perwakilan majelis agama se Kabupaten Sinjai dan Penandatanganan deklarasi Sinjai bersatu.

Baca Juga : Polsek Bajeng Adakan Kegiatan Perlombaan Di Semarak HUT Proklamasi

Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa,SH,LLM dalam sambutannya yang mengucapkan terima terima kepada Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Sinjai beserta seluruh jajarannya para pimpinan pondok pesantren dan tokoh-tokoh agama yang tidak henti-hentinya memberikan sumbangsih kontribusi serta dukungan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sinjai utamanya untuk membantu percepatan pembangunan di bumi panrita kitta.


"Kepada dan para peserta karnaval yang sangat antusias mengikuti kegiatan karnaval semoga pada pagi hari ini kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan apel kebangsaan toleransi dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022.


"Kegiatan karnaval merdeka toleransi merupakan makna penting dalam rangka membentuk karakter dan jati diri bangsa serta sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran untuk melaksanakan tugas dan fungsi kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia sesuai dengan bidang masing-masing.


"Penanaman nilai-nilai kebangsaan khususnya kepada anak dan pemuda diharapkan mampu menjadi benteng akan kecintaan kepada Negara kesatuan republik Indonesia rasa patriotisme itu penting dalam bentuk karakter anak dan pemuda sebagai bagian dari bangsa ini.

Baca Juga : Dandim 1442/Maros Hadiri Pembukaan Turnamen Piar Askab PSSI Maros

"Disamping itu kegiatan ini diarahkan untuk mendorong tumbuh kembang jiwa islami yang berkualitas sesuai dengan prinsip pembangunan Daerah yaitu terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri dan religius melalui kualitas sumber daya manusia unggul.


"Sebagai Kepala Daerah saya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebab syarat dengan pesan persatuan dan kesatuan bangsa, selain itu kegiatan ini menjadi momentum sebagai perekat yang dimiliki oleh bangsa.


Selanjutnya kegiatan karnaval yang di lepas oleh Andi Seto Gadista Asapa, S.H,LLM, (Bupati Sinjai), yang di ikuti peserta dari Siswa Raudhatul Athfalkan (RA), Siswa madrasah tingkat ibtidaiyah (MI), Siswa madrasah tingkat Tsanawiyah (Mts), Siswa madrasah tingkat aliyah ( MA), Siswa Santri TKA-TPA-TPQ, Guru, ASN Kemenag, Organisasi kepemudaan, Kelompok majelis ta'lim, Organisasi keagamaan, dan Anggota darma wanita.


Adapun Route Karnaval jalan kaki yakni star dari lapangan Sinjai bersatu - Jln. Tondong terus ke Jl. Persatuan Raya belok kanan hingga ke Tugu Bambu kemudian belok kiri ke Jl. Bhayangkara Perempatan Jl. Bung Tomo (Taman Topekkong) belok kiri lanjut ke selatan kemudian finish di halaman kantor kementerian agama Sinjai, dan kegiatan dilanjutkan dengan pencabutan doorprise dan penyerahan hadiah.


Kegiatan diamankan personel Polres Sinjai yang dipimpin oleh Kabag ops Kompol Sunyoto, S.Sos selaku koordinator pengamanan dengan personel gabungan fungsi sesuai surat perintah Kapolres Sinjai.