Bersiap Diri Menjadi Penyangga IKN, Ini Kesiapan Dinas Parekraf Palu

Bersiap Diri Menjadi Penyangga IKN, Ini Kesiapan Dinas Parekraf Palu
Caption: Kepala Dinas Parekraf Kota Palu Farid R Yotolembah/Foto Ibrahim 


Palu | CNN Celebes - Guna mendorong dan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) khususnya di sektor pengembangan ekonomi dan pariwisata di kawasan timur, olehnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) sebagai salah satu leading sektor tengah bersiap diri.


Kedepan Kota Palu pada umumnya, khususnya Sulawesi Tengah (Sulteng) akan membuat cluster. Dimana Sulteng akan dibuat 4 (empat) cluster, dalam mempersiapkan event nasional dalam mempersiapkan diri menjadi salah satu penyangga IKN.


Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kadis Parekraf Kota Palu, Farid R. Yotolembah kepada awak media saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa, (14/02/2023) Siang.


"Untuk cluster pertama, yaitu Kabupaten Luwuk, Bangkep, dan Banggai Laut. Kemudian cluster kedua yakni Kabupaten Touna, (Ampana), Poso, dan Morowali. Lanjut cluster ketiga, Toli-toli bersama Buol, dan cluster keempat adalah Palu, Sigi, Donggala dan Parimo," beber Farid.


Dimana momentum tersebut mempertemukan 12 Kabupaten, 1 Kota tersebut guna menunjukkan alias mempromosikan destinasi pariwisata dalam hal ini nantinya akan bekerjasama dengan pelaku usaha hotel dan travel penerbangan.


Salah Satu Destinasi Andalan Kota Palu/Foto google

"Jadi semua penerbangan dari luar Kota itu, diupayakan kita arahkan masuk Kota Palu dulu. Kemudian nantinya melalui kerjasama dengan pihak travel, kita pandu kemana para turis lokal/pengunjung ke 12 cluster wilayah tersebut," terangnya lagi.


Dari kesemua cluster Kabupaten/Kota tambahnya, kedepannya harus saling menguntungkan. Nantinya akan disahkan melalui perjanjian kerjasama (MOU) diata kertas antar kepala daerah, dalam hal ini, para Bupati dan Wali kota.


"Kesemua event dan program itu dalam rangka menyahuti, kesiapan Kota Palu sebagai penyangga alias penopang Ibu Kota Negara (IKN). Nah Destinasi andalan kalau tidak kita siapkan, akan dibawa kemana pelancong ini. Apalagi jarak Penajam, Kaltim ke palu hanya ditempuh sebanyak 45 menit melalui pesawat", cetusnya lagi.


Dimana harapan Pemkot Palu melalui Parekraf adalah sebuah peluang besar bagi Kota Palu yang memiliki potensi wisatanya yang 5 dimensi, yakni dimensi Lembah, Lautan, Sungai, Pegunungan dan Teluk. (Ibra/Tim).